Jumat, 21 November 2014

Mesin Pembuat Briket Kayu Biomas dari limbah kayu



Mesin Pembuat Briket Kayu Biomas dari limbah kayu

Kenaikan harga BBM yang terjadi belakangan ini ternyata memberikan dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat kalangan bawah. Lonjakan harga minyak tanah yang melambung tinggi hingga mencapai empat kali lipat, ditambah lagi  kecenderungan harga BBM yang semakin hari kian merangkak naik, mendorong sebagian besar masyarakat untuk mulai berpaling dari bahan bakar minyak ke pemanfaatan bahan bakar alternatif. Contohnya saja pemanfaatan briket kayu yang cukup potensial bila dikembangkan sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah dan gas elpiji.

Melimpahnya sampah kayu yang sudah tidak terpakai, dan besarnya kandungan energi yang dihasilkan limbah tersebut, membuat sebagian besar warga mulai tertarik untuk mengembangkan bahan bakar alternatif berupa briket kayu dari limbah tempurung kelapa, serbuk gergajian kayu, ranting kayu, sekam padi, sabut jagung, jerami, kulit kacang tanah, bamboo maupun limbah agro lainnya menjadi energi alternatif terbarukan. Pemanfaatan briket kayu bahkan menjadi salah satu langkah tepat bagi masyarakat untuk mengurangi ketergantungan mereka terhadap bahan bakar fosil seperti minyak tanah dan gas elpiji, maupun pemanfaatan bahan bakar kayu secara langsung yang tingkat konsumsinya semakin hari semakin meningkat tajam sehingga membahayakan ekologi hutan.


·         Pembuatan Briket Kayu

Peralatan :

Alat yang digunakan dalam pembuatan arang dan briket adalah mesin penghancur (hammer mill) atau wood crusher, mesin pengering (pipe dryer), dan mesin briket kayu.

Bahan-bahan: :

Tempurung kelapa, serbuk gergaji, ranting kayu, sekam padi, sabut/tongkol jagung, jerami gandum/padi, kulit kopi, tangkai bunga matahari, tangkai kapas, kulit kacang tanah, limbah tembakau, limbah goni, bamboo, limbah teh dan aneka limbah agro lainnya.

Proses pembuatan :

a)      Bahan-bahan yang akan dibuat briket kayu dimasukkan ke dalam mesin penghancur (hammer mill) atau wood crusher agar supaya menjadi serbuk, kecuali bahan yang sudah berujud serbuk.
b)      Setelah menjadi serbuk, proses selanjutnya adalah pengeringan. Serbuk tadi dimasukkan ke dalam mesin pengering (pipe dryer) agar kadar air yang ada dalam serbuk tadi berkurang.
c)      Setelah dikeringkan, bahan tadi dimasukkan ke dalam mesin briket kayu untuk diolah menjadi briket. Mesin ini melakukan pengayaan dan sekaligus pencetakan menjadi briket.

·         Mesin-mesin pembuat briket dari limbah kayu

1.      Mesin penggiling atau penghancur kayu (chipper)
Mesin Penggiling atau Penghancur Kayu ( Chipper ) berfungsi  untuk menghancurkan atau menggiling berbagai macam kayu menjadi bentuk chips ( serut ).






Spesifikasi mesin penggiling atau penghancur kayu (chipper): 
a)      Dimensi : Tergantung Tipe Material rangka : Siku Atau UNP.
b)      Material pisau  : Besi Baja
c)      Material body : Plat Besi Atau Stainless Steel
d)     Transmisi : Pulley dan V-Belt
e)      Penggerak : Dinamo Atau Diesel 
f)       Kapasitas : Tergantung tipe Mesin Penggiling / Penghancur Kayu ( Chipper ) dengan kapasitas 100, 200-300, 400-500, 500-750, 750-1000 kg/jam dan lain-lain mesin penghancur atau penggiling kayu (chipper).
2.      Mesin pengering atau pipe dryer
Sistem pengeringan Mesin Pengering atau Pipe Dryer ini dengan menggunakan aliran udara panas dengan kecepatan tinggi. Dengan bantuan exhaust blower bahan yg akan dikeringkan terhisap dan mengalir bersama dengan aliran udara panasnya, yg mencapai 180 ~ 50C.
Cocok untuk mengeringkan bahan yg sensitif terhadap panas dan berukuran kecil, >-5 MM, seperti : serbuk gergaji, sekam beras, jerami gandum, batang kapas/jagung, onggok (ampas tapioka) hasil putih bersih.

Spesifikasi mesin pengering atau pipe dryer :

a)      Dimensi : 600 x 120 x 280 Cm
b)      Power : 4000, 3 Ph Watt
c)      Kapasitas (Kg/jam) : 300 ~ 400
d)     Berat : 1200 Kg

3.      Mesin pencetak Briket serbuk kayu
Mesin Pencetak Briket Arang Dan Serbuk Kayu berfungsi untuk mencetak tepung arang atau tepung kayu menjadi bentuk briket.

Spesifikasi mesin pencetak briket serbuk kayu :
a)      Dimensi : Tergantung Tipe Material
b)      rangka : Siku atau UNP
c)      Material body : Plat Besi
d)     Material pencetak : Besi
e)      Penggerak : Diesel atau Dinamo
f)       Kapasitas : Tergantung dari kapasitas 50, 100, 200, 300 kg/jam mesin briket serbuk kayu 

Hasil dari limbah kayu yaitu briket. Aplikasi briket kayu : sebagai bahan bakar kayu di restoran, rumah tangga dan pabrik


Briket berbahan limbah kayu


SUMBER :
http://www.dedensyahruddin.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar