Jumat, 21 November 2014

Mesin pembuat kertas karton dari limbah kertas



Mesin pembuat kertas karton dari limbah kertas

Saat ini kertas sudah menjadi suatu kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari pasti kita membutuhkan kertas untuk menulis, mencetak ataupun membungkus sesuatu. Dari aktivitas tersebut, tentu saja ada yang tidak terpakai yang akhirnya menjadi sampah. Sepertinya, sampah kertas ini memang terlihat tidak terlalu berat. Akan tetapi sampah ini seringkali kita temukan dirumah, perkantoran, percetakan, dan sekolah. Oleh karena itu, jelas terlihat bahwa yang namanya sampah pasti menimbulkan masalah yang dapat mangganggu kebersihan dan keindahan lingkungan karena berserakan dimana-mana.

Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusikerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaansampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk / material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga adalam proses hierarki sampah 3R (ReuseReduce, and Recycle).

 Pada kesempatan ini, saya mengajak anda belajar mendaur-ulang kertas. Kertas  dapat didaur ulang dengan mencampurkan kertas bekas yang telah dijadikan pulp/bubur yang berisi serat-serat . Di dalam membuat kertas daur ulang, bahan-bahan yang bisa di gunakan ada beberapa macam:
1.      Dari limbah kertas yang sudah tidak digunakan lagi (kertas koran, majalah,buku tulis)
2.      Ampas dari pabrik kertas yg dibuang.(sudah berupa pulp tetapi masih bercampur kotoran)
3.      Tanaman hasil pertanian atau tanaman-tanaman non produktif. yang dapat di olah atau didaur ulang menjadi kertas dengan hasil yang berbeda.(bambu,batang padi.pelepah pisang, alang2,enceng gondok ). Apabila bahan baku berasal dari tanaman harus melalui beberapa proses yaitu setelah mengalami proses pengeringan dan pengolahan lebih lanjut.

Contoh:                                                                                                                         
Untuk proses pembuatan kertas dari bahan batang pisang pertama-tama yang harus dilakukan adalah, batang pisang tadi dipotong kecil-kecil dengan ukuran berkisar 25 cm, lalu di jemur di bawah terik matahari hingga kering. Setelah batang pisang tadi kering proses berikutnya adalah dengan cara direbus sampai menjadi lunak, namun pada saat proses perebusan sebaiknya di tambah dengan kostik soda ,agar mempercepat proses pelunakan juga untuk menghilangkan getah-getah yang masih menempel pada batang pisang tadi, pada proses berikutnya batang pisang yang sudah lunak tadi disaring dan dibersihkan dari zat-zat kimia tadi baru kemudian di proses pada mesin penghancur kertas (Mesin Holander) untuk dijadikan pulp yang siap di proses atau dengan cara sederhanadi blender. Baru kemudian dicetakmenjadi lembaran-lembaran kertas.
Pada pembuatan kertas yang menggunakan mesin, proses produksi akan berjalan kontinuitas. Proses pencetakan dimulai dari memasukkan bahan baku pada Mesin Holander.

A.    Mesin Holander .



Fungsi dari mesin Cruser adalah untuk menghancurkan bahan baku menjadi serat –serat dan memisahkan kotoran berupa pasir/batu dan plastik.Dengan demikian kita akan memiliki buburan kertas yang bagus dan siap diproses.
Serat atau buburan yang sudah halus akan mengalir menuju Bak Mixer.sedangkan bahan baku yang belum hancur terus diproses sampai hancur dan menuju Bak Mixer.Untukkotoran berupa batu atau pasir akan mengendap pada tempatnya sedangkan kotoran berupa plastik bisa disisihkan secara manual.atau disaring.
Mesin Holander mampu mensuplai 2  atau lebih Mesin Cetak taergantung kapasitasnya.
B.     Bak Mixer.
Bak Mixer berfungsi mengaduk buburan agar tetap rata dan memudahkan untuk mengotrol kepekatan  pulp/buburan yang akan di proses. Disamping itu bak Mixer juga berfungsi sebagai distributor apabila terdapat lebih dari satu mesin cetak.
C.    Mesin cetak Kertas Karton Gembos.
       







Mesin cetak prinsipnya hampir sama dengan proses pembuatan kertas secara manual. Pada mesin Cetak Kertas Karton juga menggunakan screen  tapi pada mesin cetak screen tersebut selalu berputar untuk mengambil buburan/pulp secara continyu dan hasilnya dipindahkan pada roll cetak.Dengan cara disebet atau dirobek hasil cetakan bisa di ambil dari roll cetak dan siap di jemur sampai kering.
Dengan demikian kita dapat membuat /mencetak kertas dengan ketebalan yang sesuai kita inginkan, sedangkan ukuran kertas (PxL) sesuai dengan lebar screen dan diameter roll cetak.Jadi dengan menggunakan Mesin Cetak akan meningkatkan hasil produksi dengan kualitas hasil yang bagus.

D.    Mesin Kalender.
Hasil cetakan yang sudah kering akan mengalami lekukan,hal ini selalu terjadi pada saat proses penjemuran.Untuk merapikan permukaan kertas agar tampak halus dan rata harus di
pres dengan mesin kalender. Selanjutnya  kertas siap dipotong sesuai ukuran.


E.     Air
Pada proses pembuatan kertas air sangat dibutuhkan.Air sangat menentukan kwalitas kertas yang kita produksi. Pada proses pembuatan kertas Air limbah setelah proses pencetakan akan digunakan lagi pada Mesin Cruser,Jadi diperlukan bak kontrol untuk menampung kotoran atau endapan yang tidak diperlukan  sebelum disalurkan pada mesin Cruser. Dengan demikian air limbah tersebut dapat dimanfaatkan lagi( 4-6 hari, tergantung bahan baku yang di proses).

Spesifikasi mesin daur ulang kertas :
Biasanya satu set mesin produksi dibutuhkan :
a)      1 unit mesin Holander.
b)      2 unit mesin cetak.
c)      1 unit kalender, dan
d)     1 unit mesin potong kertas.
Satu set mesin mampu memproses 1 truk ( ampas/limbah dari pabrik kertas ) dalam waktu 1 minggu. Dibutuhkan lahan penjemuran yang rata  kurang lebih 2000 m2. Menggunakan daya listrik 10.000 Watt.atau penggerak donfeng 15 pk. Satu truk Fuso bahan menghasilkan 100 pak kertas karton.(size 35= isi 35 lembar dgn ketebalan kertas karton 1,8 mm -2 mm )

SUMBER:

http://www.dedensyahruddin.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar